Penerapan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Berbantuan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Kelancaran Membaca Kelas III SDN Lhokseumeulu

Maghfirah, 200209114 (2024) Penerapan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Berbantuan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Kelancaran Membaca Kelas III SDN Lhokseumeulu. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Berbantuan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Kelancaran Membaca Kelas III SDN Lhokseumeulu] Text (Penerapan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Berbantuan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Kelancaran Membaca Kelas III SDN Lhokseumeulu)
Maghfirah, 200209114, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Membaca merupakan suatu kegiatan interaktif untuk memetik dan memahami makna yang terkandung di dalam teks bacaan. Kelancaran membaca pada kelas rendah sering ditemukan sebagai permasalahan, diantaranya masalah siswa, guru, materi pembelajaran, dan strategi yang digunakan dalam penyajian materi pembelajaran. Masih banyak siswa kelas III SDN Lhokseumeulu yang memiliki tingkat kelancaran membaca yang rendah dan belum memenuhi KKM yang ditetapkan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kelancaran membaca siswa melalui penerapan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) berbantuan media gambar berseri pada siswa kelas III SDN Lhokseumeulu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang meliputi empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilakukan dalam tiga siklus, dengan subjek penelitian berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument tes dan lembar observasi yang dianalisis menggunakan deskriptif persentase. Temuan penelitian ini sebagai berikut: (1) Hasil pengamatan aktivitas guru pada siklus I yaitu 81,89%, pada siklus II menjadi 93,10%, dan pada siklus III mengalami peningkatan sebesar 100%. (2) Aktivitas siswa pada siklus I yaitu 66,07%, pada siklus II menjadi 76,78%, dan pada siklus III mengalami peningkatan sebesar 98,33%. (3) Hasil tes kelancaran membaca siswa pada pra tindakan yaitu 22,72%, pada siklus I 36,36%, pada siklus II menjadi 59,09%, dan pada siklus III meningkat menjadi 86,36%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) berbantuan media gambar berseri dapat meningkatkan kelancaran membaca siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA), Media Gambar Berseri, Kelancaran Membaca Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Maghfirah Maghfirah
Date Deposited: 01 Oct 2024 01:56
Last Modified: 01 Oct 2024 01:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39345

Actions (login required)

View Item
View Item