Mutia Ulfani, 200402053 (2024) Bimbingan Sosial Berbasis Prinsip Islam Dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Positif Siswa Di Kolej Vokasional Nibong Tebal Malaysia. Bimbingan Sosial Berbasis Prinsip Islam Dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Positif Siswa Di Kolej Vokasional Nibong Tebal Malaysia, 6 (1): 18. pp. 1-18. ISSN 2684-7922
![[thumbnail of Bimbingan Sosial Berbasis Prinsip Islam Dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Positif Siswa Di Kolej Vokasional Nibong Tebal Malaysia]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Mutia Ulfani, 200402053, FDK, BKI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB)
Abstract
Interaksi sosial memiliki peran penting dalam pendidikan karena dapat menumbuhkan keterampilan komunikasi dan kecerdasan emosional, yang sangat penting untuk pertumbuhan pribadi dan profesional. Selain itu, berinteraksi dengan teman sebaya dan pendidik dalam lingkungan pembelajaran meningkatkan pemahaman dan retensi pengetahuan, yang mendukung pembelajaran kolaboratif dan kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi bimbingan sosial berbasis prinsip Islam yang diterapkan oleh mahasiswa Bimbingan Konseling Islam di Kolej Vokasional Nibong Tebal di Kolej Vokasional Nibong Tebal yang terletak di Jalan Bukit Panchor, 14300 Nibong Tebal, Pulau Pinang, Malaysia. Penelitian ini dirancang untuk membantu individu mengidentifikasi, menangani, dan mengatasi masalah sosial sehingga mereka dapat beradaptasi dengan baik dalam lingkungan sosial mereka. Untuk pengumpulan data, penelitian ini menggunakan observasi langsung dan wawancara dengan para pensyarah dan peserta didik di kolej. Selama penerapan, mahasiswa memberikan bimbingan melalui diskusi kelas dan kegiatan di area terbuka seperti taman baca. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif sumber data diperoleh secara langsung dari informan penelitian guru dan siswa di Kolej Vikasional Nibong Tebal Malaysia melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh selanjutnya di verifikasi dan dianalisis dengan triangulasi sumber. Hasilnya, terdapat peningkatan signifikan dalam interaksi sosial yang meliputi tindakan sapaan, senyuman, salam, dan jabat tangan. Bimbingan yang diberikan juga mulai diintegrasikan ke dalam kehidupan sehari-hari siswa, meningkatkan pemahaman dan kesadaran mereka tentang aspek interaksi sosial positif dan negative, mengembangkan empati dan kepedulian sosial, dan karakter bersosial yang baik.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam |
Depositing User: | Mutia Ulfani Mutia |
Date Deposited: | 01 Oct 2024 01:58 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 01:58 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39352 |