Aida Fajriah, 200209037 (2024) Penerapan Metode SAS Berbantuan Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II MIN 2 Nagan Raya. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.
![[thumbnail of Penerapan Metode SAS Berbantuan Media Big Book]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Aida Fajriah, 20020937, FTK, PGMI, 08.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB)
Abstract
Membaca kunci penting dalam proses belajar, kurangnya kemampuan membaca siswa kelas II MIN 2 Nagan Raya merupakan permasalahan dalam penelitian ini. Dalam Upaya peningkatan kemampuan membaca permulaan peneliti ingin menerapkan metode SAS berbantuan media big book. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran membaca permulaan dengan menerapkan metode SAS berbantuan media big book di kelas II MIN 2 Nagan Raya, dan untuk mengetahui penerapan metode SAS berbantuan media big book untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa berbantuan media big book. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan tes membaca. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru selama proses pembelajaran melalui penggunaan metode SAS berbantuan media big book pada siklus I dengan skor 72,3% sedangkan pada siklus II meningkat dengan skor 94,4%. Aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan skor 72,3% sedangkan pada siklus II yaitu 94,4%. Hasil tes membaca permulaan pada siklus I yaitu 58% meningkat menjadi 87% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat di simpulkan bahwa dengan penggunaan metode SAS berbantuan media big book dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.4 Membaca |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Aida Fajriah Aida |
Date Deposited: | 01 Oct 2024 02:58 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 02:58 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39362 |