Upaya Guru Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Kuta Pasie

Fera Ryamiza, 190209159 (2024) Upaya Guru Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Kuta Pasie. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Upaya Guru Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Kuta Pasie] Text (Upaya Guru Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Kuta Pasie)
Fera Ryamiza, 190209159, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk menggambarkan tantangan yang dihadapi guru dalam membantu siswa kelas IV SDN Kuta Pasie mengatasi kendala pembelajaran matematika, serta upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bersifat deskriptif dan menggunakan metodologi kualitatif. Guru dan siswa kelas IV SDN Kuta Pasie dijadikan sebagai subjek penelitian. Dokumentasi, wawancara, dan observasi digunakan untuk mengumpulkan data. Temuan penelitian menunjukkan bahwa secara umum guru di SDN Kuta Pasie melakukan enam upaya untuk membantu siswa kelas IV yang mengalami kesulitan matematika dalam memahami mata pelajaran. Upaya tersebut antara lain: (1) memastikan siswa siap mempelajari mata pelajaran; (2) pemakaian media pembelajaran berupa alat peraga yang terkait materi ajar; (3) permasalahan yang diberikan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari; (4) tingkat kesulitan soal sesuai kemampuan siswa; (5) memberi kebebasan siswa untuk menyelesaikan masalah sesuai dengan caranya; (6) menghilangkan rasa takut siswa. Adapun kendala guru dalam upaya mengatasi kesulitan belajar siswa meliputi kondisi fisik, lingkungan, motivasi & sikap, dan psikologis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fera Ryamiza
Date Deposited: 01 Oct 2024 03:01
Last Modified: 01 Oct 2024 03:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39371

Actions (login required)

View Item
View Item