Adetia Rizkita Sitohang, 190212039 (2024) Rancang Bangun Media Pembelajaran Berbasis Video Hologram 3d Pada Materi Pengenalan Sel Menggunakan Hologram Pyramid. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Membahas Tentang Media Pembelajaran Hologram 3D]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Adetia-Rizkita-Sitohang_190212039_Skripsi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini tentang rancang bangun sebuah media pembelajaran berbasis video hologram 3D pada mata pelajaran IPA khususnya pada materi pengenalan sel untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Mahyal Ulum Al-Aziziyah. Hal ini dikarenakan ketika mempelajari pengenalan sel, sel memiliki dimensi yang sangat kecil untuk dapat diamati, mudah rusak, dan membutuhkan media untuk mengamat sel seperti mikroskop. Namun, untuk membawa media seperti mikroskop ke dalam kelas bukanlah hal yang mudah karena sering ditemukan problematika ketika menggunakan media mikroskop ke dalam, media tersebut terlalu berat, rentan rusak, berbahaya, atau terlalu mahal, sehingga banyak pertimbangan dalam media sel ke dalam kelas. Metode yang digunakan adalah research and development (R&D) dengan langkah penelitian dimulai dari observasi, perencanaan, desain produk, pembuatan produk, validasi produk, revisi produk, uji coba, revisi final dan produksi massal. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara observasi awal, pembagian angket dan tes yang dibagi dalam 2 tes yaitu pretest dan posttest. Penelitian ini dilakukan oleh 20 siswa pada kelas VIII di SMP Mahyal Ulum Al-Aziziyah, sehingga diperoleh hasil persentase keefektifan media 76,63% melaui uji Gain yang berati media pembelajran ini efektif ketika diuji coba pada kelas VIII SMP Mahyal Ulum Al Aziziyah. Media pembelajaran ini juga telah divalidasi oleh ahli media dengan nilai persentase 96% serta ahli materi dengan persentase 90% dengan kategori bagus sekali. Adapun hasil responden siswa setelah menggunakan media ini dinilai dengan persentase 84,1% dengan kategori setuju sekali. Berdasarkan hasil yang telah disebutkan, maka media pembelajaran materi pengenalan sel ini dapat diterapkan pada siswa dan layak digunakan sebagai bahan ajar untuk proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Teknologi Informasi |
Depositing User: | Adetia Rizkita Sitohang |
Date Deposited: | 01 Oct 2024 02:56 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 02:56 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39383 |