Kemampuan Literasi Menulis Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 36 Aceh Besar

Siti Aufiyaun Nisa’, 180503036 (2024) Kemampuan Literasi Menulis Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 36 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Kemampuan Literasi Menulis Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 36 Aceh Besar] Text (Kemampuan Literasi Menulis Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 36 Aceh Besar)
Siti Aufiyaun Nisa’, 180503036, FAH, IP.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Kemampuan Literasi Menulis Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 36 Aceh Besar”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan literasi siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 36 Aceh Besar dalam menulis serta kendala yang dihadapi oleh siswa selama kegiatan literasi menulis berlangsung. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 36 Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa-siswi yang mengikuti kelas literasi menulis di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 36 Aceh Besar sebanyak 30 siswa-siswi, sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah kemampuan literasi menulis siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara dan analisis dokumen, sedangkan analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 30 siswa memiliki pemahaman dasar yang baik mengenai struktur naratif, yang tercermin dalam alur cerita cerpen seperti "Yang Menarik Belum Tentu Sehat" dan “Mengapa Aku Obesitas”. Pengembangan karakter dan dialog dalam cerpen ini juga efektif dalam membentuk karakter dan menyampaikan tema. Pemilihan bahasa dan gaya penulisan menunjukkan pemahaman yang memadai tentang bahasa formal dan kosakata yang relevan, meskipun masih terdapat kekurangan dalam ejaan dan tata bahasa. Tema dan pesan moral mengenai kesehatan dan pilihan makanan disampaikan dengan jelas, menunjukkan integrasi nilai-nilai edukatif. Selain itu, kemampuan refleksi dan kesadaran kritis terhadap isu-isu sosial seperti kesehatan dan obesitas juga tercermin dalam karya siswa, yang penting dalam meningkatkan literasi menulis mereka. Kendala yang dihadapi oleh siswa-siswi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 36 Aceh Besar selama mengikuti kelas literasi menulis adalah tidak terbiasanya siswa-siswi menggunakan bahasa Indonesia dalam kegiatan sehari-hari, sulit mengeluarkan ide menggunakan bahasa Indonesia, serta singkatnya waktu yang diberikan untuk menulis cerita.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Siti Aufiyaun Nisa’
Date Deposited: 01 Oct 2024 03:00
Last Modified: 01 Oct 2024 03:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39385

Actions (login required)

View Item
View Item