Perancangan Learning Management System (LMS) Berbasis Web Menggunakan Moodle Pada Fakultas Tarbiyah UIN Ar-Raniry

Rahma Shintya, 200212016 (2024) Perancangan Learning Management System (LMS) Berbasis Web Menggunakan Moodle Pada Fakultas Tarbiyah UIN Ar-Raniry. Other thesis, UIN AR-RANIRY BANDA ACEH.

[thumbnail of Membahas tentang E-Learning (pembelajaran online)] Text (Membahas tentang E-Learning (pembelajaran online))
RAHMA SHINTYA - 200212016 - SKRIPSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Kemajuan teknologi informasi menuntut penerapan teknologi dalam pendidikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, salah satu inovasi teknologi terkini dalam pembelajaran adalah sistem E-learning yang sangat bergantung pada model Learning Management System (LMS) sebagai fondasi. Fakultas Tarbiyah UIN Ar-Raniry Banda Aceh belum memiliki LMS internal berbasis web yang sesuai kebutuhan, sehingga Google Classroom digunakan sebagai alternatif sementara untuk mengelola pembelajaran. Namun, Google Classroom tidak memadai sebagai LMS internal di Fakultas Tarbiyah UIN Ar- Raniry karena keterbatasan dalam mengelola pembelajaran dengan skala besar. Penelitian ini bertujuan untuk merancang LMS berbasis Moodle di Fakultas Tarbiyah UIN Ar-Raniry sebagai solusi untuk masalah tersebut. Penelitian ini melibatkan survei kuantitatif dengan kuesioner online untuk menilai kepuasan mahasiswa terhadap desain antarmuka LMS Moodle FTK yang dirancang. Hasil survei dari 100 mahasiswa menunjukkan tingkat kepuasan yang sangat tinggi, dengan skor total 87,18% yang masuk dalam kategori "sangat setuju", sehingga desain antarmuka LMS Moodle FTK memenuhi kebutuhan pengguna dan siap diimplementasikan sebagai prototipe yang dapat dioperasikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Depositing User: Rahma Shintya Rahma
Date Deposited: 01 Oct 2024 03:41
Last Modified: 01 Oct 2024 03:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39411

Actions (login required)

View Item
View Item