Ishrah, 180204078 (2024) Pengembangan Penuntun Praktikum Fisika Berbasis Inkuiri untuk Kelas X SMA/MA. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Ishrah.pdf]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Ishrah.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (12MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum tersedianya penuntun praktikum khusus yang digunakan sebagai sarana pendukung dalam kegiatan praktikum di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk merancang serta mengetahui tingkat kelayakan penuntun praktikum fisika berbasis inkuiri untuk kelas X SMA/MA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) dengan model 4D, yang terdiri dari tahap: 1) define, 2) design, 3) develop, dan 4) disseminate. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi untuk ahli media dan ahli materi. Hasil validasi oleh ahli media menunjukan, dari tiga aspek yang dinilai penuntun praktikum ini memperoleh rata-rata skor kelayakan sebesar 96,4% dengan kriteria sangat layak. Hasil validasi oleh ahli materi yang mencakup enam aspek penilaian memperoleh rata-rata skor kelayakan dengan persentase sebesar 84% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil validasi oleh ahlli media dan ahli materi, dapat disimpulkan bahwa penuntun praktikum fisika berbasis inkuiri untuk kelas X SMA/MA layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Ishrah R. |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 01:59 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 01:59 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39412 |