Penggunaan Metode Problem Based Instruction (PBI) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Pengukuran Nilai Resistor Kelas X di SMK Negeri 1 Darul Kamal Aceh Besar

Yulidatullah, 140211024 (2018) Penggunaan Metode Problem Based Instruction (PBI) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Pengukuran Nilai Resistor Kelas X di SMK Negeri 1 Darul Kamal Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN- Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa]
Preview
Text (Membahas tentang Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa)
skripsi pdf gabung yulidatullah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan From D.pdf]
Preview
Text
Form B dan From D.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas X Elektronika SMKN 1 Darul Kamal Aceh Besar menunjukkan sistem pembelajaran yang diterapkan di SMK Negeri 1 Darul Kamal Aceh Besar, lebih didominasi oleh pembelajaran secara konvensional. Sehingga keaktifan siswa cenderung pasif karena mereka hanya menerima materi dan latihan soal dari guru, sehingga dalam proses pembelajaran siswa kurang memahami materi yang diberikan oleh guru dan siswa juga merasa jenuh dan membosankan. Salah satu alternatif untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, peneliti mencoba menawarkan suatu pembelajaran yang menekankan pada aktivitas belajar siswa secara berkelompok yaitu menggunakan metode pembelajaran PBI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran PBI. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 13 November sampai tanggal 15 November 2017. Rancangan penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen nyata. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMKN 1 Darul Kamal yang berjumlah 198 siswa, sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Elektronika yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket motivasi. Hasil observasi menunjukan peningkatan yang signifikan dengan menggunakan RPP I, RPP II dan RPP III, baik observasi kemampuan guru mengelola p

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Silahuddin. M.Ag 2. Sadrina. ST.,M.Sc
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran PBI, Observasi dan Motivasi Belajar Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: yulida tullah
Date Deposited: 25 May 2018 04:10
Last Modified: 25 May 2018 04:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3942

Actions (login required)

View Item
View Item