Implementasi Learning Management System Berbasis Web Menggunakan Moodle

Chairunnisa Maulidza, 200212037 (2024) Implementasi Learning Management System Berbasis Web Menggunakan Moodle. Implementasi Learning Management System Berbasis Web Menggunakan Moodle, 5. ISSN 2774-2784

[thumbnail of membahas tentang pembelajaran daring] Text (membahas tentang pembelajaran daring)
Chairunnisa Maulidza_200212037_JURNAL 1.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini membawa perubahan signifikan dalam
berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Teknologi
memungkinkan penyebaran informasi cepat dan membuka peluang untuk meningkatkan proses belajar mengajar melalui metode modern seperti e- learning. E-learning memanfaatkan perangkat elektronik seperti komputer dan ponsel yang terhubung ke internet, memungkinkan interaksi tanpa pertemuan langsung antara guru dan siswa. Learning Management System (LMS) menjadi solusi praktis dalam mengelola kegiatan pembelajaran, mendistribusikan materi, dan memfasilitasi kolaborasi. Moodle, salah satu platform LMS, digunakan oleh Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry untuk mengembangkan Virtual Learning Environment (VLE) yang masih
perlu dioptimalkan. Penelitian ini berfokus pada implementasi LMS
berbasis web menggunakan Moodle di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

dalam proses belajar mengajar dan memberikan kenyamanan bagi dosen dan mahasiswa. Metode SDLC dengan model pengembangan air terjun
(waterfall) digunakan, meliputi tahap spesifikasi, perancangan,
implementasi, dan pengujian. Data diambil dari mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry. Pelaksanaan sistem dilakukan dengan menerapkan desain yang telah disusun ke dalam fitur-fitur LMS menggunakan Moodle, dengan MySQL sebagai server database. Pengujian blackbox memastikan semua fitur berfungsi sesuai yang diinginkan dan mendeteksi kesalahan dalam sistem. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
implementasi LMS berbasis web menggunakan Moodle berhasil
memudahkan proses pembelajaran bagi dosen dan mahasiswa. Pengujian
black box terbukti efektif dalam menguji fungsionalitas sistem,
memastikan LMS siap digunakan dengan baik oleh pengguna.

Item Type: Article
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: Chairunnisa Maulidza Nisa
Date Deposited: 01 Oct 2024 03:41
Last Modified: 01 Oct 2024 03:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39420

Actions (login required)

View Item
View Item