Dinda Ariska, 200206086 (2024) Analisis Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMA Negeri 3 Banda Aceh. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.
![[thumbnail of Analisis, Penerapan, P5]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Dinda Ariska, 200206086, FTK, MPI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB)
Abstract
Pelaksanaan kegiatan P5 dapat menjadikan karakter siswa yang berlandaskan profil pelajar pancasila serta dapat meningkatkan kreativitas dan kemandirian siswa. Adapun permasalahan yang dihadapi oleh SMA Negeri 3 Banda Aceh ialah telah melaksanakan kegiatan P5 namun belum ada laporan penelitian yang dapat ditemukan atau dipublikasikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tahapan pelaksanaan P5, bentuk kolaborasi yang dilakukan serta dampak P5 terhadap peserta didik yang diterapkan oleh kepala sekolah dalam Analisis Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMA Negeri 3 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan secara purposive sampling dan snowball, sehingga dilakukan wawancara terhadap enam orang yaitu waka kurikulum, waka humas, dua orang guru dan dua orang peserta didik. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, sehingga dilakukan pengecekan keabsahan data yaitu dengan kredibilitas, transferability, dependability, dan korfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahapan pelaksanaan P5 di SMA Negeri 3 Banda Aceh meliputi intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler. Kolaborasi P5 yang dilakukan yaitu kolaborasi antar sesama pelaksana atau tim fasilitator P5 guna untuk mengarahkan dan membimbing siswa tentang kegiatan projek yang akan dilakukan. Dampak pelaksanaan P5 salah satunya ialah menjadikan anak-anak lebih tanggap, aktif, kreatif dan mandiri, bisa mengeluarkan ide-ide baru dan dapat mengembangkan potensinya dalam hal bakat dan minat. Dapat disimpulkan bahwa jika pelaksanaan P5 dilakukan dalam kolaborasi dengan baik, maka akan berdampak terhadap kreativitas dan kemandirian siswa
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Dinda Ariska Dinda |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 03:01 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 03:01 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39458 |