Talita Latifa, 200206088 (2024) Strategi Kepala Madrasah dalam Pencegahan Potensi konflik di MAN 4 Aceh Besar. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Judul]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI TALITA apload.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB)
Abstract
Konflik adalah suatu hal yang tidak menyenangkan dan sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari, baik antar individu maupun kelompok. Konflik juga dapat muncul dalam lembaga-lembaga pendidikan, seperti halnya Madrasah Aliyah Negeri 4 Aceh Besar. Masalah yang terjadi berupa perbedaan pendapat antara guru, keinginan dan prinsip yang berbeda, dan adanya kesalahpahaman antara guru yang disebabkan kurangnya komunikasi. Oleh karena itu kepala madrasah sebagai pemimpin harus dapat mencegah terjadinya potensi konflik tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi kepala madrasah dalam pencegahan potensi konflik di MAN 4 Aceh Besar serta kendala yang dihadapi kepala madrasah terhadap pencegahan potensi konflik di MAN 4 Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan subjek penelitian ini terdiri dari Kepala Madrasah, Wakil Kepala Bidang Kurikulum, dan Guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan oleh kepala madrasah dalam pencegahan potensi konflik terkait permasalahan antar guru di sekolah adalah menggunakan beberapa strategi yaitu membuat standar operasional prosedur (SOP), kemudian melakukan pendekatan secara emosional dengan menerapkan komunikasi yang baik. Adapun kendala yang dihadapi oleh kepala madrasah dalam strategi pencegahan potensi konflik yaitu adanya sifat senioritas antara guru serta merasa diri lebih berpengalaman dari guru yang lainnya. Dengan adanya strategi yang digunakan kepala madrasah dalam pencegahan potensi konflik, permasalahan tersebut dapat terselesaikan dan tidak akan menimbulkan sebuah konflik yang berdampak negatif bagi lembaga pendidikan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Talita Latifa Latifa |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 03:08 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 03:08 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39470 |