Strategi Pencapaian Target Imtihān Wathani Pendidikan Diniyah Formal (Pdf) Di Aceh

Qusyairi, 201003020 (2024) Strategi Pencapaian Target Imtihān Wathani Pendidikan Diniyah Formal (Pdf) Di Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Pascasarjana Pendidikan Agama Islam.

[thumbnail of Strategi Pencapaian Target Imtihān Wathani Pendidikan Diniyah Formal (Pdf) Di Aceh] Text (Strategi Pencapaian Target Imtihān Wathani Pendidikan Diniyah Formal (Pdf) Di Aceh)
Qusyairi, 201003020, PPS, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Pendidikan Diniyah Formal Ulya Babussalam di Aceh adalah satu-satunya yang telah menyelenggarakan Imtihān Wathani. Untuk sukses, diperlukan strategi yang mempersiapkan santri memahami kitab turast dan meningkatkan kinerja guru. Tantangannya termasuk banyaknya mata pelajaran dan rendahnya disiplin pengajar. Diperlukan dukungan seperti bimbingan belajar dan pengulangan materi. Pengembangan karakter dan kompetensi guru sangat penting. Penelitian mendalam diperlukan untuk menjadikan Dayah Babussalam sebagai contoh bagi lembaga lain di Aceh. Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan pertanyaan penelitian adalah: 1) Bagaimana strategi pencapaian target Imtihān Wathani Pendidikan Diniyah Formal di Aceh? 2) Apa saja faktor penghambat dalam proses pencapaian target Imtihān Wathani Pendidikan Diniyah Formal di Aceh? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pencapaian target dan faktor penghambat dalam proses pencapaian target Imtihān Wathani di Pendidikan Diniyah Formal di Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi untuk memahami budaya, perilaku, dan interaksi sosial dalam kelompok tertentu. Peneliti terjun langsung ke lapangan dan mengamati kegiatan sehari-hari komunitas yang diteliti. Tujuannya adalah mendapatkan wawasan mendalam tentang kehidupan, nilai-nilai, norma, dan praktik sosial mereka. Pelaksanaan Imtihān Wathani di Pendidikan Diniyah Formal Ulya Babussalam melibatkan beberapa tahap penting: menetapkan tujuan pembelajaran yang jelas, menyediakan sumber belajar berkualitas, menggunakan metode pembelajaran efektif, dan melakukan evaluasi rutin. Pendidik memberikan bimbingan dan motivasi kepada santri untuk mencapai hasil terbaik. Tantangan yang dihadapi termasuk kurangnya disiplin pengajar dan lingkungan belajar yang kurang kondusif. Untuk mengatasi ini, Pendidikan Diniyah Formal Ulya Babussalam memberikan pembinaan kepada pengajar yang kurang disiplin untuk meningkatkan profesionalisme mereka. Upaya ini bertujuan menjaga mutu pendidikan dan menjadikan Pendidikan Diniyah Formal Ulya Babussalam sebagai model bagi lembaga lain dalam mempersiapkan santri menghadapi Imtihān Wathani.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Qusyairi Qusyairi
Date Deposited: 02 Oct 2024 04:00
Last Modified: 02 Oct 2024 04:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39481

Actions (login required)

View Item
View Item