Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas V SD Negeri Rembele Bener Meriah

Eva Rosdiana, 190209009 (2024) Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas V SD Negeri Rembele Bener Meriah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas V SD Negeri Rembele Bener Meriah] Text (Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas V SD Negeri Rembele Bener Meriah)
Eva Rosdiana, 190209009, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (16MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa dan keterampilan siswa dalam menulis karangan narasi di kelas V SDN Rembele. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang diterapkan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari satu pertemuan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN Rembele. Teknik pengumpulan data yaitu teknik tes dan nontes. Analisis data melalui teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 82 dengan kriteria baik, meningkat pada siklus II memperoleh skor 99 dengan kriteria sangat baik; (2) aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata skor 83 dengan kriteria baik, meningkat pada siklus II sebesar 101 dengan kriteria sangat baik; (3) ketuntasan klasikal keterampilan menulis karangan narasi pada siklus I sebesar
75,66% dengan kriteria baik, meningkat pada siklus II sebesar 85,18% dengan kriteria baik sekali. Simpulan dari peneliti adalah penerapan model think pair share berbantuan media gambar dapat meningkatkan keterampilan guru diantaranya keterampilan bertanya, keterampilan menjelaskan, membentuk kelompok, variasi media, membimbing menulis karangan narasi; aktivitas siswa diantaranya aktivitas visual, lisan, menulis, mendengarkan, mental, dan emosional serta keterampilan siswa dalam menulis karangan narasi. Peneliti memberikan saran pada guru hendaknya membentuk kelompok yang terdiri 3-4 siswa, mengefektifkan waktu dan memaksimalkan penggunaan media gambar dengan berbagai variasi warna, ukuran dan isi cerita.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Eva Rosdiana
Date Deposited: 03 Oct 2024 02:47
Last Modified: 03 Oct 2024 02:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39504

Actions (login required)

View Item
View Item