Penerapan Strategi Scaffolding Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Pelajaran Matematika Kelas VIII di SMP Negeri 2 Pasie Raja

Resi Lufiani, 261222889 (2017) Penerapan Strategi Scaffolding Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Pelajaran Matematika Kelas VIII di SMP Negeri 2 Pasie Raja. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Penerapan Strategi Scaffolding terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Pelajaran Matematika]
Preview
Text (Membahas tentang Penerapan Strategi Scaffolding terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Pelajaran Matematika)
Resi Lufiani.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa khususnya pada materi SPLDV disebabkan karena kurangnya perhatian dan katerlibatan siswa dalam proses pembelajaran, kesulitan siswa dalam memahami soal-soal SPLDV yang berbentuk cerita, pembelajaran yang kurang inovatif serta siswa yang kurang aktif dan kreatif dalam mengkonstruksi ide-ide pemecahan masalah. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu model atau strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa yaitu melalui strategi pembelajaran scaffolding. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah penerapan strategi scaffolding terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran langsung di kelas VIII SMPN 2 Pasie Raja. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Quasi-Eksperimen dengan desain control group pre-test post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Pasie Raja tahun pelajaran 2016/2017 dan yang menjadi sampel adalah siswa kelas VIII2 dan VIII3, teknik pengambilan sampel dengan cara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Analisis data dilakukan dengan bantuan program SPSS Versi 21 berupa uji-t dan pedoman penskoran. Hasil penelitian menunjukkan = 10,88 dan = 1,68, maka . Sehingga diterima yang disimpulkan bahwa penerapan strategi scaffolding menghasilkan kemampuan pemecahan masalah yang lebih baik dari pada pembelajaran yang tidak menggunakan penerapan strategi scaffolding. Hal ini dapat dilihat dari persentase semua indikator di mana setelah diberikan perlakuan, pre-test kelas eksperimen adalah 4,25% dengan kriteria kurang. Sedangkan nilai post-test diperoleh persentasenya adalah 64,5% dengan kategori cukup.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Drs. Lukman Ibrahim, M.Pd 2.Susanti, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Strategi Scaffolding, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Resi Lufiani
Date Deposited: 28 May 2018 02:01
Last Modified: 28 May 2018 02:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3956

Actions (login required)

View Item
View Item