Pengaruh Penerapan Kurikulum Merdeka Terhadap Minat Belajar Peserta Didik di MTsN 2 Aceh Besar

Ariska Nadira, 200206079 (2024) Pengaruh Penerapan Kurikulum Merdeka Terhadap Minat Belajar Peserta Didik di MTsN 2 Aceh Besar. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.

[thumbnail of Kurikulum Merdeka, Minat Belajar] Text (Kurikulum Merdeka, Minat Belajar)
Ariska Nadira, 200206079, FTK, MPI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Kurikulum merdeka merupakan kebijakan baru dalam pendidikan yang bertujuan untuk memberikan kebebasan belajar kepada peserta didik. Sesuai yang disampaikan oleh Mendikbud bahwa pembelajaran jauh lebih relevan dan interaktif melalui kegiatan projek. Minat belajar dapat dipengaruhi oleh berbagai hambatan yang muncul dari beberapa faktor, salah satunya faktor kurikulum. Pada dasarnya penerapan kurikulum merdeka diharapkan mampu meningkatkan minat belajar peserta didik. Pada kenyataanya di MTsN 2 Aceh Besar yang telah menerapkan kurikulum merdeka, terlihat di beberapa kelas peserta didik masih banyak yang tidak fokus saat pembelajaran, tidak menanggapi peserta didik lain yang sedang presentasi, serta tidak antusias dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan kurikulum merdeka terhadap minat belajar peserta didik di MTsN 2 Aceh Besar. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di MTsN 2 Aceh Besar berjumlah 225, dengan sampel berjumlah 69, pengambilan sampel dengan cara random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan kuesioner/angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji normalitas, uji linieritas, uji homogenitas dan uji regresi linear sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan nilai dari koefisien determinasi didapatkan nilai Adjustes R Square yaitu 0.561 artinya penerapan kurikulum merdeka berpengaruh sebesar 56.1% terhadap minat belajar peserta didik dengan kategori moderat, Selain itu ditunjukkan dengan hasil nilai F hitung > F tabel (85.456 > 3,984) dengan nilai signifikansi 0,000 < 0.05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan kurikulum merdeka terhadap minat belajar peserta didik di MTsN 2 Aceh Besar

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ariska Nadira Ariska
Date Deposited: 04 Oct 2024 02:37
Last Modified: 04 Oct 2024 02:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39563

Actions (login required)

View Item
View Item