Afra Azira, 200206071 (2024) trategi Pengembangan Sekolah Melalui Perencanaan Berbasis Data Di TK Negeri 6 Banda Aceh. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.
![[thumbnail of Strategi, Pengembangan Sekolah, Perencanaan Berbasis Data]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Afra Azira, 200206071, FTK, MPI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (9MB)
Abstract
Strategi pengembangan sekolah merupakan upaya sistematis untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi berbagai kegiatan yang melibatkan semua komponen sekolah. Perencanaan berbasis data adalah bentuk pemanfaatan data pada platform rapor pendidikan sebagai bentuk intervensi satuan maupun dinas pendidikan maupun pemerintah daerah terhadap mutu dan capaian pendidikannya dan bertujuan untuk mencapai peningkatan serta perbaikan mutu pendidikan yang berkesinambungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah strategi pengembangan sekolah, serta kendala dalam pengembangan sekolah melalui perencanaan berbasis data di TK Negeri 6 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala TK Negeri 6 Banda Aceh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada empat langkah-langkah strategi perencanaan berbasis data: Pertama, identifikasi atau menilai kondisi awal sekolah untuk mengidentifikasikan kebutuhan, potensi dan masalah yang ada di sekolah. Kedua, refleksi atau menganalisis dengan cara mengevaluasi keberhasilan, kekurangan dan pembelajaran dari periode sebelumnya. Ketiga, benahi atau mengatasi masalah dan kekurangan yang ditemukan selama refleksi. Ini melibatkan perbaikan sistem, proses, atau kebijakan yang ada agar lebih efektif dalam mencapai tujuan yang ditetapkan. Keempat, penyusunan RKAS, merencanakan kegiatan dan anggaran untuk periode mendatang berdasarkan hasil identifikasi, refleksi, dan benahi. Tujuannya untuk menyusun rencana yang komprehensif dan realistis untuk meningkatkan kualitas dan efisiensi pengelolaan sekolah. Adapun kendala pengembangan sekolah melalui perencanaan berbasis data ialah kekurangan data sumber daya pendidikan yaitu sarana dan prasarana, pendidik dan tenaga kependidikan dan data pengembangan anak
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Afra Azira Afra |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 02:53 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 02:53 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39590 |