Desain Komunikasi Visual Suloh Bugeh Melalui Instagram Pada Produk Lampu Hias

Arifin Kasrul, 190401066 and Anita, S.Ag., M.Hum and Fitri Meliya Sari, S.I.Kom., M.I.Kom (2024) Desain Komunikasi Visual Suloh Bugeh Melalui Instagram Pada Produk Lampu Hias. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Tentang Desain Komunikasi Visual] Text (Membahas Tentang Desain Komunikasi Visual)
Arifin Kasrul, 190401066 (2024).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Nama : Arifin Kasrul
NIM : 190401066
Judul Skripsi : Desain Komunikasi Visual Suloh Bugeh Melalui Instagram Pada Produk Lampu Hias
Fakultas/Jurusan : Dakwah dan Komunikasi/Komunikasi dan Penyiaran Islam

Suloh Bugeh adalah sebuah UMKM yang bergerak dibidang kerajinan tangan yang memproduksi lampu hias terbuat dari bahan baku pipa dan menghasilkan produk yang bernilai jual di masyarakat. Usaha ini memiliki media sosial instagram yang mengunggah poster untuk kebutuhan promosi di instagramnya, akan tetapi dalam pelaksanaannya pemanfaatan fitur-fitur instagram untuk kebutuhan unggahan yang digunakan oleh akun tersebut masih belum maksimal, selain itu dalam konteks visualisasi poster juga terlihat kurang baik, seperti pemilihan warna yang tidak konsisten, bahwasanya warna dapat mempengaruhi emosional konsumen. Kemudian pemilihan font yang tidak tepat dengan ciri khas usaha tersebut, selain itu juga tidak memuat pelbagai informasi lain seperti slogan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan fitur media sosial instagram pada produk lampu hias serta untuk mengetahui makna elemen visual yang terkandung dalam poster tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis semiotika Ferdinand de Saussure melalui pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi dan wawancara. Sampel yang digunakan sebanyak 5 poster. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui beberapa tahap seperti menghimpun data, mereduksi data, menganalisa hingga menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa poster yang diunggah pada instagram Suloh Bugeh memiliki korelasi antara tanda verbal dan visual yang menampilkan makna bahwa produk tersebut memiliki identitas yang mewah dan moderen. Tetapi dalam pemanfaatan fitur Instagram, akun tersebut masih belum maksimal seperti penggunaan caption/ hastag, Instagram stories, highlight, igtv dan live streaming yang mana fitur-fitur tersebut dapat memberikan konten yang lebih dinamis dan interaktif, selain itu akun tersebut juga tidak konsisten dalam menjadwalkan postingan di Instagram tersebut. Konsistensi adalah kunci dalam membangun hubungan yang kuat dengan audiens di Instagram.

Kata Kunci: Desain Komunikasi Visual, Instagram.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Desain Komunikasi Visual, Instagram.
Subjects: 700 Arts and Recreation > 760 Printmaking & Prints (Seni Grafis & Cetakan)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Arifin Kasrul
Date Deposited: 09 Oct 2024 02:28
Last Modified: 09 Oct 2024 02:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39610

Actions (login required)

View Item
View Item