Farah Futhira, 190503031 (2024) Evaluasi Program Rumoh Literasi Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.
![[thumbnail of Evaluasi Program Rumoh Literasi Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Banda Aceh]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Farah Futhira, 190503031, FAH, IP.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB)
Abstract
Skripsi ini berjudul “Evaluasi Program Rumoh Literasi di Madrasah Aliyah Negeri 1 Banda Aceh”. Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan program Rumoh Literasi di Madrasah Aliyah Negeri 1 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan mendeskripsikan keterlaksanaan program Rumoh Literasi sebagai masukan terhadap perbaikan program guna meningkatkan efektivitas program Rumoh Literasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Perpustakaan dan juga staf perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri 1 Banda Aceh. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian berdasarkan komponen contex program dilaksanakan berdasarkan Permendikbud No 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti, dan berdasarkan komponen product dan outcome menunjukkan bahwa program Rumoh Literasi yang dilaksanakan berlajan sesuai dengan tujuannya dan menghasilkan dampak positif terdahap pengembangan kemampuan literasi siswa dan berpikir secara lebih kritis dan kreatif dalam menuangkan ide atau gagasan mereka, hal ini dapat dilihat dari adanya karya dan tulisan kreatif siswa berupa novel, puisi, dan kumpulan resensi novel. Namun, pelaksanaan program Rumoh Literasi belum sepenuhnya maksimal. Hal ini dapat dilihat berdasarkan komponen process yang berupa perencanaan program (strategi) yang digunakan belum menyentuh seluruh siswa dan pelaksanaan program berdasarkan jadwal pelaksanaannya juga belum ditentukan secara rutin, sehingga banyak siswa yang tidak terlibat dan ikut mempengaruhi komponen input berupa anggota yang berpartisipasi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System |
Divisions: | Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan |
Depositing User: | Farah Futhira |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 02:50 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 02:50 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39628 |