Sistem Reward Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT BPRS Mustaqim Aceh Dalam Tinjauan Fiqih Muamalah

Nur Adilah, 200102119 (2024) Sistem Reward Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT BPRS Mustaqim Aceh Dalam Tinjauan Fiqih Muamalah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Sistem Reward Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT BPRS Mustaqim Aceh Dalam Tinjauan Fiqih Muamalah] Text (Sistem Reward Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT BPRS Mustaqim Aceh Dalam Tinjauan Fiqih Muamalah)
Nur Adilah, 200102119, FSH, HES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Sistem reward pada setiap perusahaan harus memiliki prinsip keadilan dan transparansi, yaitu reward harus diberikan sesuai dengan kontribusi dan kinerja masing-masing karyawan, ketidakadilan dalam pemberian reward dapat menimbulkan ketidakpuasan dan demotivasi. Reward pada PT BPRS Mustaqim Aceh terlihat masih adanya perbedaan dari segi waktu dan bentuk reward yang diberikan oleh pengurus kepada karyawan. Penelitian ini mengkaji bagaimana sistem penilaian kinerja untuk pemberian reward kepada karyawan PT BPRS Mustaqim Aceh, bagaimana bentuk reward untuk meningkatkan kinerja karyawan PT BPRS Mustaqim Aceh, dan bagaimana analisis sistem reward pada PT BPRS Mustaqim Aceh terhadap kinerja karyawan dalam tinjauan fiqih muamalah. Riset ini menggunakan pedekatan sosiologis normatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif analisis, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian kinerja dalam pemberian reward menggunakan sistem KPI (key performance indicator) yang dapat menghasilkan penilaian secara akurat dan dilakukan secara transparan, bentuk reward yang diberikan yaitu berupa reward finansial, non finansial, reward pengembangan karir karyawan serta reward pengakuan dan apresiasi berupa sertifikat penghargaan. Dalam hal ini reward berupa sertifikat hanya diperuntukkan kepada divisi bisnis karena mempunyai target bisnis bank yang harus dicapai, akan tetapi tidak sedikit karyawan yang merasa cemburu akan hal tersebut, sehingga berdampak tidak baik pada peningkatan kinerja karyawan, serta pemberian reward yang tidak rutin menyebabkan fungsi dari reward ini tidak akurat, berdasarkan data yang diperoleh bahwa, prosedur pemberian reward pada PT BPRS Mustaqim Aceh menggunakan akad ju’alah, dalam hal ini reward dalam bentuk sertifikat tidak dapat dirasakan oleh semua pihak dan pemberiannya yang tidak konsisten menjadikan sistem reward pada PT BPRS Mustaqim belum sepenuhnya efektif dalam meningkatkan kinerja karyawan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Sistem Reward, Kinerja, Fiqih Muamalah
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Nur Adilah
Date Deposited: 08 Oct 2024 02:56
Last Modified: 08 Oct 2024 02:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39631

Actions (login required)

View Item
View Item