Rhysszcky Noviannda, 140209136 (2020) Internalisasi Nilai Karakter Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah. Masters thesis, UIN Ar-raniry.
![[thumbnail of Pendidikan Karakter dan Internalisasi Nilai]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Rhysszcky Noviannda, 140209136, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (8MB)
Abstract
Pendidikan karakter berusaha menanamkan berbagai kebiasaan baik kepada siswa agar bersikap dan bertindak sesuai dengan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa. Penanaman nilai-nilai karakter sangat penting sekali untuk mengatasi berbagai masalah penyimpangan akhlak dan perilaku yang terjadi di kehidupan kita sehari-hari. Permasalahan yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana internalisasi nilai karakter siswa di madrasah ibtidaiyah (2) bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter di Madrasah Ibtidaiyah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan internalisasi nilai karakter siswa di Madrasah Ibtidaiyah dan pelaksanaan pendidikan karakter di Madrasah Ibtidaiyah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kajian pustaka. Adapun tahapan proses internalisasi yaitu: tahap transformasi nilai, tahap transaksi nilai, dan tahap transinternalisasi. Pelaksanaan pendidikan karakter di Madrasah Ibtidaiyah dapat dilaksanakan pada ranah pembelajaran (kegiatan pembelajaran), pengembangan budaya sekolah, kegiatan ekstrakurikuler, dan kegiatan keseharian di rumah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Rhysszcky Noviannda Kiki |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 03:10 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 03:10 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39654 |