Muhammad Sulaimi, 190209109 (2024) Penerapan Model Jigsaw dengan Menggunakan Media PowerPoint untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV-A MIN 5 Bireuen. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
![[thumbnail of Penerapan Model Jigsaw dengan Menggunakan Media PowerPoint untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV-A MIN 5 Bireuen]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Muhammad Sulaimi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB)
Abstract
Hasil studi pendahuluan yang penelitian temukan dalam pembelajaran tematik, siswa kesulitan memahami materi yang disampaikan serta menyelesaikan soal. Sehingga, nilainya rata-rata dibawah 70. Padahal, guru menggunakan model dan media dalam pembelajaran. Tetapi, kurang bervariasi dan tidak mempengaruhi hasil belajar siswa. Sebab itu, perlu adanya perbaikan dengan tindakan agar siswa aktif dan meningkatnya hasil belajar. Oleh sebab itu, peneliti melakukan penelitian tentang penerapan model jigsaw menggunakan media powerpoint untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV-A di MIN 5 Bireueng dengan menganalisa aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar dalam menerapkan model jigsaw dengan media power point dikelas IV dengan jenis penelitian Tindakan Kelas (PTK) pengumpulan data melalui lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan tes. Selanjutnya data dianalisa dengan persentase kesesuaian kriteria keberhasilan. Maka, hasilnya pada aktivitas guru siklus I mendapat nilai 79,03. Sedangkan, siklus II mendapat nilai 95,96. Selanjutnya, observasi aktivitas siswa pada siklus I mendapat nilai 79,03. Sedangkan siklus mendapatkan nilai 95,96 dan hasil belajar siklus I nilai rataannya yaitu 55 sehingga belum tuntas. Sedangkan, siklus II rataan nilainya yaitu 95 dengan sudah tuntas. Dapat disimpulkan, model jigsaw dengan media power point dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar di kelas IV-A MIN 5 Bireuen.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Muhammad Sulaimi Sulaimi |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 03:27 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 03:27 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39675 |