Penerapan Manajemen Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 1 Hamparan Perak Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara

Hilda Febrini, 200206023 (2024) Penerapan Manajemen Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 1 Hamparan Perak Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.

[thumbnail of Penerapan, Manajemen Kurikulum, Kurikulum Merdeka] Text (Penerapan, Manajemen Kurikulum, Kurikulum Merdeka)
Hilda Febrini, 200206023, FTK, MPI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Kurikulum Merdeka adalah konsep pendidikan yang memberikan otonomi lebih besar kepada sekolah untuk menyesuaikan kurikulum dengan konteks lokal dan kebutuhan siswa. Namun, Penerapan Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 1 Hamparan Perak menghadapi kendala dalam adaptasi, terutama kurangnya kesiapan guru dalam merancang Modul Ajar dan penggunaan Teknologi. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi perencanaan, pelaksanaan, dan kendala manajemen Kurikulum Merdeka di SMP tersebut menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan subjek Kepala Sekolah, Wakil Kepala Bidang Kurikulum, dan Guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan melibatkan kolaborasi pemangku kepentingan untuk mengatasi tantangan pendidikan, mengurangi beban administratif, dan mendukung pembelajaran berbasis diferensiasi dan proyek. Pelaksanaan dilakukan melalui pelatihan guru, sosialisasi, serta pelatihan kurikulum dan TI, didukung kolaborasi antar Balai Guru Penggerak (BGP) serta dukungan aktif Dinas Pendidikan Deli Serdang. Kendala utama meliputi kurangnya kesiapan dan adaptasi kurikulum, kurangnya motivasi guru, kurangnya keterampilan teknologi, kurangnya manajemen waktu, keterbatasan sarana, kurangnya dukungan orang tua serta kurangnya partisipasi masyarakat sekitar terhadap pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Kendala tersebut disebabkan oleh perbedaan kurikulum yang selalu berubah-ubah. Oleh sebab itu diperlukan komitmen yang kuat, komunikasi terbuka, pelatihan tepat, dukungan sumber daya, dan pemantauan berkelanjutan untuk memastikan keberhasilan penerapan Kurikulum Merdeka

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Hilda Febrini
Date Deposited: 09 Oct 2024 03:13
Last Modified: 09 Oct 2024 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39713

Actions (login required)

View Item
View Item