Nurfajri, 200206003 (2024) Peran Pembina Pramuka dalam Peningkatan Kreativitas Peserta Didik di MAN 3 Aceh Besar. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.
![[thumbnail of Peran Pembina Pramuka, Kreativitas, Pionering]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Nurfajri, 200206003, FTK, MPI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB)
Abstract
Pramuka telah menjadi salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang signifikan dalam pengembangan kreativitas peserta didik di sekolah. Pramuka sebagai salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang diselenggarakan di banyak sekolah, diharapkan dapat berperan dalam memfasilitasi perkembangan aspek-aspek tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pembina Pramuka dalam meningkatkan kreativitas, kemandirian, kerjasama, dan nilai tanggung jawab peserta didik di MAN 3 Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kualitatif dengan teknik observasi dan wawancara mendalam terhadap kepala madrasah, pembina pramuka, pembina pramuka ekstrakurikuler dan peserta didik materi pionering yang terlibat dalam kegiatan Pramuka, khususnya pada materi pionering. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembina Pramuka memainkan peran penting dalam memfasilitasi pengembangan kreativitas peserta didik melalui penerapan ide-ide inovatif dalam kegiatan pionering. Selain itu, mereka juga berperan dalam meningkatkan kemandirian peserta didik dengan memberi kesempatan bagi mereka untuk mengambil inisiatif dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan. Kerjasama di antara peserta didik juga ditingkatkan melalui kegiatan Pramuka, dimana mereka belajar untuk bekerja sama dalam tim, saling mendukung, dan menghargai kontribusi masing-masing individu. Pembina Pramuka juga berperan dalam menanamkan nilai tanggung jawab, baik dalam pengelolaan peralatan maupun dalam penyelesaian tugas-tugas yang diberikan dengan tepat waktu dan dengan hasil yang memuaskan. Kesimpulannya, pembina Pramuka memiliki peran penting dalam mengembangkan kreativitas, kemandirian, kerjasama, dan nilai tanggung jawab peserta didik di MAN 3 Aceh Besar melalui kegiatan pionering. Implikasi penelitian ini adalah pentingnya peran pembina Pramuka dalam mendukung peningkatan kreativitas, kemandirian, kerja sama dan nilai tanggung jawab peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler yang terstruktur dan terorganisir
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Nur Fajri |
Date Deposited: | 09 Oct 2024 03:13 |
Last Modified: | 09 Oct 2024 03:13 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39715 |