Analisis Metode Pembelajaran Al-Qur’an Pada Tk Taud Saqu Al-Kahfi Banda Aceh

Hilda Aini Syifa, 180210027 (2024) Analisis Metode Pembelajaran Al-Qur’an Pada Tk Taud Saqu Al-Kahfi Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Metode Pembelajaran Al-Qur’an Pada Tk Taud Saqu Al-Kahfi Banda Aceh] Text (Analisis Metode Pembelajaran Al-Qur’an Pada Tk Taud Saqu Al-Kahfi Banda Aceh)
Hilda Aini Syifa, 180210027, FTK, PIAUD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran Al-Qur’an pada anak merupakan hal utama yang perlu diperkenalkan pada anak, mengingat anak sangat mudah menyerap informasi pada rentang usia 0-6 tahun. Sementara proses pengenalannya juga membutuhkan metode tertentu. Perkembangan pembelajaran Al-Qur’an pada TK TAUD SaQu Al-Kahfi Banda Aceh berjalan dengan baik, sehingga kemampuan anak dalam membaca Al-Qur’an meningkat sangat baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode yang digunakan dan proses penerapan metode pada pembelajaran Al-Qur’an anak di TK TAUD SaQu Al-Kahfi Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 2 orang yang terdiri dari kepala sekolah dan guru pengajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode yang dipakai oleh lembaga pendidikan TK TAUD SaQu Al-Kahfi Banda Aceh adalah metode At-Tibyan, dimana cara belajarnya menggunakan teknik Tahajji atau mengeja huruf hijaiyah bersambung menggunakan bahasa Arab. Pembelajaran Al-Qur’an dengan metode At-Tibyan dilakukan dengan tiga tahap, yaitu: (1) At-Tamkin, pengenalan materi yang akan dipelajari pada anak didik, (2) At-Tahdir, yaitu penguatan materi setelah materi disampaikan, (3) Muraja’ah, yaitu pengulangan materi yang sudah dipelajari baik secara individu atau bersama-sama.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Al-Qur’an, Metode At-Tibyan
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Hilda Aini Syifa
Date Deposited: 09 Oct 2024 03:25
Last Modified: 09 Oct 2024 03:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39716

Actions (login required)

View Item
View Item