Nirma Wana, 190204092 (2024) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi Sains Siswa Pada Materi Gerak Lurus Di MAS Darul Hikmah Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi Sains Siswa Pada Materi Gerak Lurus Di MAS Darul Hikmah Aceh Besar]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Nirma Wana, 190204092, FTK, PFS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya sumber belajar mata pelajaran fisika yang hanya memakai buku paket dari penerbit tertentu saja yang belum memenuhi syarat sebagai bahan ajar yang baik, yakni bahan ajar yang memuat komponen kemampuan literasi sains. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat desain dan menguji kelayakan bahan ajar berbasis literasi sains pada materi gerak lurus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D dengan model ADDIE yang memiliki beberapa tahapan yaitu tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap penerapan, dan tahap evaluasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media dan lembar validasi ahli kurikulum. Hasil penelitian yang diperoleh dari validasi ahli materi sebesar 99,44%, validasi ahli media sebesar 95,79%, dan validasi ahli kurikulum sebesar 95,50%, sehingga diperoleh hasil persentase keseluruhan kelayakan sebesar 96,91% dengan kriteria sangat layak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa modul berbasis literasi sains pada materi gerak lurus ini layak untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Nirma Wana Nirma |
Date Deposited: | 10 Oct 2024 02:08 |
Last Modified: | 10 Oct 2024 02:08 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39730 |