Muhammad Rais Makmura, 190206066 (2024) Strategi Kepala Madrasah dalam Pembinaan Karakter Religius di MAN 4 Aceh Besar. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.
![[thumbnail of Strategi Kepala Sekolah, Pembinaan, Karakter Religius]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Muhammad Rais Makmura, 190206066, FTK, MPI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB)
Abstract
Peran kepala madrasah memiliki kedudukan tinggi dalam memanajemen sekolah untuk menumbuhkan sikap karakter religius kepada para peserta didik saat di sekolah, karena kepala madrasah berperan sebagai tokoh utama yang menjadi penggerak kehidupan sekolah dan memehami tugas serta fungsi dalam keberhasilan sekolah dan kepedulian terhadap tenaga pendidik dan kependidikan serta peserta didik di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kepala sekolah dalam pembinaan karakter religius, untuk mengetahui kendala kepala sekolah dalam pembinaan karakter religius, untuk mengetahui solusi kepala sekolah dalam pembinaan karakter. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, dan peserta didik di MAN 4 Aceh Besar. Teknik pengumpulan data berdasarkan observasi, wawancara dan dokumentasi, Teknik analisi data berdasarkan reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verivikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Strategi kepala Madrasah dalam pembinaan karakter religius sudah dilakukan dengan baik dengan melakukan strategi pembiasaan, strategi keteladanan dan strategi aturan adalah yang paling sering ditampilkan di MAN 4 Aceh Besar, 2) Tidak ada kendala yang berat dalam pembinaan karakter religius siswa hanya saja pengaruh lingungan luar menjadi salah satu faktor penghambat pembinaan karakter religius siswa. kepala madrasah dan guru harus memberikan masukan dan nasihat yang ekstra, mengingat karakter siswa yang berbeda-beda, 3) Solusi dalam pembinaan karakter religius siswa kepala madrasah selalu melakukan upaya dengan memberikan teladan yang baik terhadap siswa, dan juga kepala madrasah selalu melakukan evaluasi di setiap akhir tahun dengan melihat segala kendala dan mengatasi segala kendala tersebut
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Muhammad Rais Makmura Rais |
Date Deposited: | 10 Oct 2024 02:31 |
Last Modified: | 10 Oct 2024 02:31 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39743 |