Raihanul Akmalia, 190205026 (2024) Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Raihanul Akmalia, 190205026, FTK, PMA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (11MB)
Abstract
Komunikasi matematis merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting dalam pembelajaran matematika. Namun kenyataanya, kemampuan komunikasi matematis siswa masih rendah, dikarenakan masih banyaknya siswa yang tidak mampu menyatakan permasalahan permasalahan atau situasi ke dalam notasi dan bahasa matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran TTW dan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen dan jenis desainnya yaitu Pretest Posttest Control Group Desain. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Darussa’adah. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VII-A dan kelas VII-B. Hasil pengolahan data menggunakan statistik uji pihak kanan, diperoleh bahwa t_hitung = 2,53 dan t_tabel =1,70 yaitu peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Raihanul Akmalia |
Date Deposited: | 10 Oct 2024 02:38 |
Last Modified: | 10 Oct 2024 02:38 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39744 |