Analisis Peran Customer Service Dalam Mengatasi Keluhan Nasabah (Handling Complaint) Pada Bank Aceh Syariah Kantor Cabang Utama Kota Banda Aceh

Muhammad Rizki, 190603104 (2024) Analisis Peran Customer Service Dalam Mengatasi Keluhan Nasabah (Handling Complaint) Pada Bank Aceh Syariah Kantor Cabang Utama Kota Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Customer Service, Handling Complaint] Text (Customer Service, Handling Complaint)
Muhammad Rizki,190603104, FEBI,PS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Peran Customer Service dalam menangani keluhan nasabah sangatlah penting bagi perbankan, karyawan customer service diharapkan mampu menangani kebutuhan dan keinginan nasabah. Komplain atau keluhan nasabah (handling complaint) adalah umpan balik (feedback) dari pelanggan yang ditunjukkan kepada perusahaan yang cenderung bersifat negative dan positif. Peneliatian ini bertujuan untuk melihat peran Customer Service Dalam Mengatasi Keluhan Nasabah (Handling Complaint) Pada Bank Aceh Syariah Kantor Cabang Utama Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis data mulai dari pengumpulan, penarikan data, verifikasi data hingga penarikan kesimpulan. Data primer berbentuk wawancara dan dokumentasi. Adapun sumber data dalam penelitian ini diperoleh melalui metode wawancara (interview) terhadap kepala bagian Custumer Service, 2 karyawan Custumer Service dan 5 nasabah di Bank Aceh Syariah KCU Banda Aceh. Hasil yang diperoleh Peran customer service adalah mempertahankan nasabah agar tidak melakukan penutupan rekening dan berusaha untuk mendapatkan nasabah baru melalui berbagai pendekatan. Kendala dalam mengatasi keluhan nasabah berupa sistem yang lambat, nasabah yang ingin diprioritaskan, dan keterbatasan tempat pelayanan. Solusi terhadap masalah yaitu, mendengarkan, memberikan rasa empati dan lontarkan permintaan maaf, berikan respon yang cepat tanggap sesegera mungkin, serta memberikan perhatian dengan cara menenangkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Muhammad Rizki Rizki
Date Deposited: 10 Oct 2024 03:02
Last Modified: 10 Oct 2024 03:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39754

Actions (login required)

View Item
View Item