Penerapan Model Pembelajaran Time Token Untuk Meningkatkan Aktifitas Dan Respon Belajar Siswa Pada Tema” Udara Bersih Bagi Kesehatan”Kelas V MIN 10 Aceh Besar

Rosita, 140209069 (2024) Penerapan Model Pembelajaran Time Token Untuk Meningkatkan Aktifitas Dan Respon Belajar Siswa Pada Tema” Udara Bersih Bagi Kesehatan”Kelas V MIN 10 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Time Token Untuk Meningkatkan Aktifitas Dan Respon Belajar Siswa Pada Tema” Udara Bersih Bagi Kesehatan”Kelas V MIN 10 Aceh Besar] Text (Penerapan Model Pembelajaran Time Token Untuk Meningkatkan Aktifitas Dan Respon Belajar Siswa Pada Tema” Udara Bersih Bagi Kesehatan”Kelas V MIN 10 Aceh Besar)
Rosita, 140209069, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (37MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar, dan kurang semangat siswa dalam belajar di pengaruhi salah satunya oleh penerapan model pembelajaran yang kurang bervariasi dalam proses pembelajaran. Sehingga masih ada siswa yang kurang mampu dalam mengemukakan ide-idenya. Maka rumusan masalah penelitian ini adalah : bagaimana aktivitas guru, siswa, respon dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran dengan menerapkan model time token pada tema udara bersih bagi kesehatan kelas V MIN 10 Aceh Besar. Untuk itu tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui aktivitas guru, siswa, respon dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran dengan menerapkan model time token pada tema lingkungan sehat kelas V MIN 10 Aceh Besar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas V-a MIN 10 Aceh Besar yang berjumlah 24 siswa. Data dikumpulkan melalui lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas dan lembar observasi respon siswa serta lembar soal tes.Teknis analisis data menggunakan persentase. Berdasarkan aktivitas siswa pada siklus I ada 14 siswa yang tuntas 58,3% sedangkan siklus II ada 15 siswa yang tuntas 62,5% dan siklus III ada 20 siswa yang tuntas 83,33%, jadi siklus III mengalami peningkatan. Dilihat dari rata-rata siklus I 60,41 , siklus II 69,16 dan siklus III 86,66. Hal ini menunjukkan bahwa penggunana model pembelajaran time token dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rosita Rosita
Date Deposited: 14 Oct 2024 02:43
Last Modified: 14 Oct 2024 02:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39775

Actions (login required)

View Item
View Item