Nelli Satriani, 210209191 (2024) Pengaruh Metode Pembelajaran Matematika Gasing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas IV Di SD Negeri 54 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Pengaruh Metode Pembelajaran Matematika Gasing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas IV Di SD Negeri 54 Banda Aceh]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Nelli Satriani, 210209191, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (11MB)
Abstract
Matematika merupakan mata pelajaran yang menyulitkan, menakutkan, dan membosankan karena cara mengajar yang digunakan oleh guru masih monoton, sehingga berdampak pada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang masih rendah dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Oleh karena itu digunakan metode pembelajaran matematika GASING (gampang, asyik, dan menyenangkan). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan metode matematika GASING terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 54 Banda Aceh dengan sampel kelas IV yang berjumlah 30 siswa. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode pre-experimental design dengan rancangan one group pretest - postest design. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah adanya peningkatan nilai rata-rata dari 8,17 pada pretest menjadi 10, 93 pada posttest. Perbedaan ini diperkuat berdasarkan hasil uji-t (paired sample t-test) dengan nilai sig = 0,000 < 0,05 maka, nilai hipotesis pada penelitian ini adalah ditolak dan diterima karena terdapat perbedaan antara kedua test tersebut. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode matematika GASING berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas IV di SD Negeri 54 Banda Aceh.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nelli Satriani |
Date Deposited: | 14 Oct 2024 02:43 |
Last Modified: | 14 Oct 2024 02:43 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39779 |