Nopriza Mutia, 190205004 (2024) Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Pada Materi Geometri Berdasarkan Tingkatan Berpikir Van Hiele Di SMP/MTs. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Pada Materi Geometri Berdasarkan Tingkatan Berpikir Van Hiele Di SMP/MTs]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Nopriza Mutia, 190205004, FTK, PMA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (11MB)
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu elemen yang sangat penting dalam pembelajaran geometri. Namun, perlu diketahui setiap peserta didik memiliki karakteristik yang berbeda-beda ketika mengkomunikasikan masalah dalam pembelajaran geometri hal tersebut tergantung pada tingkatan dan kemampuan berpikir mereka masing-masing dalam menafsirkan dan menganalisis suatu permasalahan. Sehingga Van Hiele mengkategorikan setiap tingkatan berpikir geometri tersebut untuk memudahkan peserta didik dalam proses pembelajaran geometri. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang dicermati berdasarkan tingkatan berpikir Van Hiele. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada materi kesebangunan berdasarkan tingkatan berpikir Van Hiele di MTsN 3 Banda Aceh dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu 3 orang peserta didik yang dipilih berdasarkan hasil tes perkembangan geometri (VHGT). Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari lembar tes dan pedoman wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan mereduksi, menyajikan, dan menarik kesimpulan, serta untuk mengecek keabsahan data dilakukan dengan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek level Deduksi Informal mampu memenuhi indikator menulis, menggambar, dan eskpresi matematika dengan sangat baik. Subjek level Analisis mampu memenuhi indikator menulis dan menggambar. Subjek level Visualisasi mampu memenuhi indikator menulis. Kemampuan berpikir geometri yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu rata-rata peserta didik berada pada tingkat berpikir level Visualisasi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nopriza Mutia |
Date Deposited: | 14 Oct 2024 03:14 |
Last Modified: | 14 Oct 2024 03:14 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39786 |