Motivasi Pemanfaatan Platform CHATGPT Dalam Pencarian Informasi Oleh Mahasiswa Fakultas Adab Dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Ayu Ananda, 200503090 (2024) Motivasi Pemanfaatan Platform CHATGPT Dalam Pencarian Informasi Oleh Mahasiswa Fakultas Adab Dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Motivasi, Pemanfaatan, Chatgpt] Text (Motivasi, Pemanfaatan, Chatgpt)
Ayu Ananda, 200503090, FAH, IP.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Motivasi Pemanfaatan Platform Chatgpt Dalam Pencarian Informasi Oleh Mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa saja motivasi pemanfaatan Platform Chatgpt dalam pencarian informasi oleh Mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja Motivasi Pemanfaaatkan Platform Chatgpt dalam Pencarian Informasi oleh Mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar- Raniry Banda Aceh. Adapun metode yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Adab dan Humaniora. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi dan wawancara terstruktur dengan teknik purposive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel melalui kriteria tertentu seperti 8 orang mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan yang menggunakan platform chatgpt. Teknik analisis data melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan dalam memanfaatkan platform chatgpt yaitu. (1) Ketika kondisi fisik yang nyaman, jaringan internet lancar dalam mengakses informasi mahasiswa termotivasi memanfaatkan platform chatgpt sebagai alat bantu mereka dalam pencarian informasi. (2) Penggunaan chatgpt yang memahami dan menerapkan penggunaan yang etis serta bertanggung jawab. Karena mahasiswa selalu memverifikasi dan memastikan terlebih dahulu informasi yang didapatkan. Informasi yang dihasilkan chatgpt sebagai referensi bukan untuk langsung digunakan. (3) Penggunaan chatgpt dapat meningkatkan interaksi sosial dan kolaborasi dalam konteks akademik dengan menyediakan informasi yang relevan, mendukung kolaborasi jarak jauh. Dengan kemampuannya untuk memperkuat kontribusi individu dalam tugas kelompok, chatgpt memotivasi pengguna untuk lebih aktif dan produktif dalam kolaborasi akademik. (4) Penggunaan chatgpt dapat meningkatkan rasa percaya diri pengguna dalam mengakses dan meganalisa informasi yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas kuliah. (5) Penggunaan chatgpt membantu pengguna mencapai potensi dan nilai akademik yang maksimal dengan mempercepat akses ke informasi berkualitas, dan mengembangkan ketarampilan berpikir kritis

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Ayu Ananda Ayu
Date Deposited: 15 Oct 2024 02:40
Last Modified: 15 Oct 2024 02:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39797

Actions (login required)

View Item
View Item