Sakina Putri, 200207041 (2024) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Video Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di Kelas VII MTS 2 Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-raniry.
![[thumbnail of Model pembelajaran, media video, problem based learning, aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Sakina Putri, 200207041, FTK, PBL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (8MB)
Abstract
Penelitian pendahuluan yang dilakukan pada pembelajaran IPA di Kelas VII-4 MTsN 2 Banda Aceh terlihat pencapaian hasil belajar siswa masih kurang optimal. Siswa belum berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran, siswa merasa malu bertanya dan malu ketika diminta mengungkapkan pendapatnya sehingga tidak mendengarkan penjelasan guru ketika pembelajaran berlangsung sehingga menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Penggunaan Model pembelajaran Problem Based Learning menjadi salah satu untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk melihat aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan pada penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari 2 Siklus dan setiap Siklusnya terdapat 4 tahapan. Penelitian ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara peneliti, dengan rekan guru yang yang bertindak sebagai observer dan melibatkan partisipasi siswa. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN 2 Banda Aceh yang berjumlah 34 siswa. Instrumen penelitian terdiri dari Lembar aktivitas guru, Lembar aktivitas siswa dan Soal Tes. Hasil penelitian yang dilakukan pada siklus I terdapat aktivitas guru menunjukkan hasil nilai persentase 82,89 % dengan kategori baik sekali dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai persentase 93,73% dengan kategori baik sekali. Hasil penelitian terhadap aktivitas siswa pada siklus I mendapatkan nilai persentase 84,00 % dengan kategori baik sekali dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai persentase 94,00 dengan kategori baik sekali. Hasil belajar siswa pada siklus I menunjukan nilai rata-rata persentase 70,59% dengan kategori baik dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata persentase 82,40%. Penggunaan Model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media video dapat meningkatkan aktivitas Guru, keaktifan siswa dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Sakina Putri Kina |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 02:40 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 02:40 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39801 |