Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar Bangun Datar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 14 Aceh Barat

Bunga Syafiq Munira, 200209051 (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar Bangun Datar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 14 Aceh Barat. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning] Text (Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning)
Bunga Syafiq Munira, 200209051, FTK, PGMI, 082361185856.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar bangun datar siswa yang kurang saat proses pembelajaran. Bangun datar merupakan salah satu materi pada mata pelajaran matematika yang dikategorikan sulit oleh siswa. Hal tersebut dikarenakan sebagian besar siswa masih belum sepenuhnya memahami konsep bangun datar. Salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan hasil belajar adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang menuntut siswa aktif dan terlibat langsung dalam proses pembelajaran, salah satunya adalah model project based learning (PjBL). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar bangun datar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 14 Aceh Barat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yaitu jenis pre-experimental design dengan desain penelitian one group pretesst posttest design. Dalam penelitian ini, pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV B berjumlah 30 siswa, yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang terdiri dari pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan paired sample t-test dengan bantuan SPSS (Statistical Program for Social Science) versi 29.0. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa soal tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Adapun hasil dan uji paired sample t-test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,01 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada penerapan model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar bangun datar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 14 Aceh Barat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Bunga Syafiq Munira Bunga
Date Deposited: 16 Oct 2024 02:07
Last Modified: 16 Oct 2024 02:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39822

Actions (login required)

View Item
View Item