Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Segi Empat Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa MTs

Juliana, 190205048 (2024) Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Segi Empat Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa MTs. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Segi Empat Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa MTs] Text (Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Segi Empat Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa MTs)
Juliana, 190205048, FTK, PMA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Setiap anak memiliki gaya belajar yang berbeda, ini mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis anak. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa berdasarkan gaya belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi segiempat ditinjau dari gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik di kelas VII MTsS Hidayatullah. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga siswa kelas VII yang dikategorikan berdasarkan gaya belajar. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket gaya belajar, tes, dan wawancara. Analisis data dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari gaya belajar: (1) siswa dengan gaya belajar visual mampu menyatakatakan ide-ide matematis melalui lisan, tulisan, serta mengambarkan secara visual dengan sangat baik. Mampu menginterpretasi dan mengevaluasi ide-ide matematis dari bentuk visual baik secara lisan dan tulisan serta mampu menggunakan istilah-istilah, simbol-simbol matematika, dan struktur-strukturnya untuk memodelkan situasi atau permasalahan matematika. (2) siswa dengan gaya belajar auditori masih sulit dalam menyatakatakan ide-ide matematis melalui lisan, tulisan, serta mengambarkan secara visual dengan sangat baik. Masih mengalami kesulitan dalam menginterpretasi dan mengevaluasi ide- ide matematis dari bentuk visual baik secara lisan dan tulisan serta juga masih sulit dalam menggunakan istilah-istilah, simbol-simbol matematika, dan struktur- strukturnya untuk memodelkan situasi atau permasalahan matematika. (3) siswa dengan gaya belajar kinestetik sudah mampu dalam menginterpretasi dan mengevaluasi ide-ide matematis dari bentuk visual baik secara lisan. Namun masih mengalami kesulitan dalam menyatakatakan ide-ide matematis melalui lisan, tulisan, serta mengambarkan secara visual dengan sangat baik. Serta juga mengalami kesulitan dalam menggunakan istilah-istilah, simbol-simbol matematika, dan struktur-strukturnya untuk memodelkan situasi atau permasalahan matematika.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Juliana Juliana
Date Deposited: 16 Oct 2024 02:21
Last Modified: 16 Oct 2024 02:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39829

Actions (login required)

View Item
View Item