Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunaka Metode SAS Berbantuan Media Power Poin Interaktif Siswa Kelas 1 MIS Lamgugob Banda Aceh

Disni Arirupani, 190209098 (2024) Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunaka Metode SAS Berbantuan Media Power Poin Interaktif Siswa Kelas 1 MIS Lamgugob Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunaka Metode SAS Berbantuan Media Power Poin Interaktif Siswa Kelas 1 MIS Lamgugob Banda Aceh] Text (Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunaka Metode SAS Berbantuan Media Power Poin Interaktif Siswa Kelas 1 MIS Lamgugob Banda Aceh)
Disni Arirupani, 190209098 , FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (21MB)

Abstract

Membaca merupakan kunci penting dalam proses belajar, kurangnya kemampuan membaca merupakan permasalahan dalam penelitian ini. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah agar adanya peningkatan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan metode SAS berbantuan media power poin interaktif siswa kelas 1 MIS Lamgugob Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara bersiklus, dengan subjek penelitian yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Tes digunkan untuk melihat peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa dan observasi digunakan untuk melihat aktivitas siswa dalam proses belajar serta aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran melalui metode SAS berbantuan media power poin interaktif . Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunan metode SAS berbantuan media power poin interaktif dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa. Peningkatan nilai pada siklus ke I belum mencapai ketuntasan hanya mencapai 42,85% sedangkan pada siklus II hanya mencapai 71,42% dan meningkat pada siklus III mencapai ketuntasan hingga 89,28%. Berdasarkan hasil penelitian yang diproleh peneliti, maka dapat disimpulkan bahwa melalui metode SAS berbantuan media power poin interaktif dapat meningkatakan kemampuan membaca permulaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Disni Arirupani
Date Deposited: 16 Oct 2024 03:03
Last Modified: 16 Oct 2024 03:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39843

Actions (login required)

View Item
View Item