Fitri Lestari, 180503108 (2024) Perspektif Masyarakat Kota Banda Aceh Terhadap Layanan Perpustakaan Keliling di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Fitri Lestari, 180503108 (2024).pdf]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Fitri Lestari, 180503108 (2024).pdf
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini berjudul “Perspektif Masyarakat Kota Banda Aceh Terhadap Layanan Perpustakaan Keliling di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh”. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana kepuasan masyarakat pengunjung dan bagaimana sudut pandang mereka terhadap salah satu layanan yang diberikan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh yaitu layanan perpustakaan keliling. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap layanan perpustakaan keliling di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh dan untuk mengetahui perspektif masyarakat terhadap layanan perpustakaan keliling di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah masyarakat yang menggunakan layanan perpustakaan keliling dengan sampel 77 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Analisa data terdiri dari analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa layanan perpustakaan keliling di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh tergolong baik, hal ini diketahui berdasarkan hasil dari kuesioner dengan penilaian tingkat kepuasan masyarakat pengunjung terhadap perpustakaan keliling di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh dengan masing-masing indikator. Untuk indikator pelayanan mendapatkan 75,48%, koleksi 74,65%, pustakawan 77,56%, dengan total skor rata-rata 60% mencakup kategori cukup puas. Hasil analisis berdasarkan wawancara dan dokumentasi bahwa perspektif masyarakat kota Banda Aceh terhadap layanan perpustakaan keliling terkait dengan bukti langsung masyarakat mengetahui adanya layanan perpustakaan keliling, letak perpustakaan keliling sudah strategis, fasilitas sudah bagus, koleksi lumayan lengkap hanya saja buku fiksi kurang beragam, sikap dan penampilan petugas juga sudah baik, rapi, dan terampil. Hanya saja masyarakat pengunjung kurang mendapatkan informasi mengenai kedatangan mobil perpustakaan keliling.
Kata Kunci: Perspektif Masyarakat, Layanan, Perpustakaan Keliling, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi |
Divisions: | Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan |
Depositing User: | Fitri Lestari |
Date Deposited: | 17 Oct 2024 02:27 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 02:27 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39854 |