Mardhatillah Rizkiah, 150210077 (2024) Analisis Nilai Sosial Anak Usia Dini Pada Film Kartun/Animasi Riko The Series Episode 1-5. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Analisis Nilai Sosial Anak Usia Dini Pada Film Kartun/Animasi Riko The Series Episode 1-5]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Mardhatillah Rizkiah, 150210077, FTK, PIAUD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (34MB)
Abstract
Perkembangan sosial anak sangat dipengaruhi oleh proses perlakuan atau bimbingan orang tua di keluarga dan guru, kepala sekolah serta tenaga kependidikan lain di sekolah dalam mengenalkan berbagai aspek kehidupan sosial, atau norma-norma kehidupan bermasyarakat atau mendorong dan memberikan contoh kepada anak, bagaimana menerapakan norma-norma tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud nilai sosial yang terkandung dalam film/animasi riko the series baik itu hubungan manusia dengan dirinya sendiri, hubungan manusia dengan manusia lain, serta teknik penyampaian nilai moral kerendahan hati secara langsung dan tidak langsung. Adapun jenis metodologi penelitian ini adalah penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah film/animasi riko the series dan data penelitian dikumpulkan melalui teknik studi pustaka. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa diperoleh 16 penggalan kalimat yang menggambarkan bentuk nilai sosial, 15 nilai sosial yang berhubungan dengan sesama manusia dan 1 penggal kalimat yang berhubungan dengan diri sendiri. Adapun teknik penyampaian nilai sosial ini berupa teknik penyampaian secara langsung.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mardhatillah Rizkiah |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 02:43 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 02:43 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39890 |