Nurul Hasanah, 200209156 (2024) Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Berbantukan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas V SD Negeri 32 Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-raniry.
![[thumbnail of Model Course Review Horay, Audio visual dan hasil belajar]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Nurul Hasanah, 200209156, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (8MB)
Abstract
Beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan kurangnya penggunaan media dan model dalam proses pembelajaran, sehingga menyebabkan suasana belajar kurang menyenangkan. Kurangnya perhatian siswa terhadap penjelasan yang disampaikan guru menyebabkan siswa siswa kurang dalam memahami materi yang diajarkan. Hal ini yang mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, siswa dan hasil belajar siswa terhadap penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 26 siswa, dengan KKM individual 76 dan klasikal 80. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan tes kemudian dianalisis dengan rumus rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian bahwa: (1) Aktivitas guru pada siklus I dengan kategori baik yaitu 78,40%. Pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 89,77% dengan kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa pada siklus I dalam ketegori cukup yaitu 61,36%. Pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 94,31% dengan kategori baik sekali. (3) Hasil tes pada siklus I diperoleh sebesar 53,84 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 11. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 84,61 dengan jumlah siswa yang tuntas 22 orang siswa. Hal ini menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa secara klasikal dalam kategori tuntas dengan nilai 80. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay pada pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 32 Banda Aceh
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nurul Hasanah Nurul |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 02:22 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 02:22 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39925 |