Misrawati, 261324562 (2019) Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa MTsN. Masters thesis, UIN Ar-raniry.
![[thumbnail of Pemahaman Konsep, Problem Posing]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Misrawati, 261324562, FTK, PMA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (22MB)
Abstract
Matematika merupakan suatu ilmu yang dalam pembelajarannya saling berkaitan satu sama lain. Sehingga, kemampuan pemahaman konsep harus dimiliki siswa. Namun berdasarkan hasil penelitian awal kemampuan pemahaman konsep siswa tergolong rendah. Oleh sebab itu kemampuan pemahaman konsep perlu diperbaki, salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran Problem Posing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Posing. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 8 Aceh Besar dan yang menjadi sampel kelas VIII-1 dan kelas VIII-3. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes kemampuan pemahaman konsep. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem posing dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 4,5 menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman konsep siswa yang model pembelajaran problem posing lebih tinggi daripada kemampuan pemahaman konsep siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Misrawati Misra |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 02:27 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 02:27 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39946 |