Siti Maisarah, 200209143 (2024) Penerapan Model Picture and Picture dengan Menggunakan Audio Visual dalam Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 32 Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-raniry.
![[thumbnail of Model Picture and Picture, Audio Visual, hasil belajar]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Siti Maisarah, 200209143, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (8MB)
Abstract
Beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan kurangnya penggunaan media dan model dalam proses pembelajaran, sehingga menyebabkan suasana belajar kurang menyenangkan. Kurangnya perhatian siswa terhadap penjelasan yang disampaikan guru menyebabkan siswa siswa kurang dalam memahami materi yang diajarkan. Hal ini yang mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa terhadap penerapan model picture and picture dengan menggunakan audio visual. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 24 siswa, dengan KKM individual 70 dan klasikal 80. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan tes kemudian dianalisis dengan rumus rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian bahwa: (1) Aktivitas guru pada siklus I dengan kategori baik yaitu 72,72%. Pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 96,59% dengan kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa pada siklus I dalam ketegori baik yaitu 68,18%. Pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 95,45% dengan kategori baik sekali. (3) Hasil tes pada siklus I diperoleh sebesar 54,16% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 13. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 87,5% dengan jumlah siswa yang tuntas 21 orang siswa. Hal ini menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa secara klasikal dalam kategori tuntas dengan nilai 80. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran picture and picture pada pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 32 Banda Aceh.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Maisarah Sarah |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 02:26 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 02:26 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39969 |