Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berbasis Hots SMP/MTs

Supik Mariah, 190205060 (2024) Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berbasis Hots SMP/MTs. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berbasis Hots SMP/MTs] Text (Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berbasis Hots SMP/MTs)
Supik Mariah, 190205060, FTK, PMA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Bangun ruang sisi datar adalah salah satu materi matematika yang sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari yang disajikan dalam bentuk soal cerita. Sebagai upaya dalam menyelesaikan permasalahan terkait soal cerita metematika, siswa dituntut harus memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi yang baik atau dikenal dengan sebutan HOTS. Untuk mencermati kemampuan menyelesaikan soal cerita yang baik terhadap materi bangun ruang sisi datar maka peneliti mengambil indikator kemampuan menyelesaikan soal cerita menurut teori Polya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan siswa siswa dalam menyelesaikan soal cerita berbasis HOTS. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII-1 MTsN 4 Banda Aceh sebanyak 30 siswa, namun nantinya akan dipilih 3 siswa berdasarkan skor tes nilai tertinggi, sedang dan rendah. Data yang digunakan adalah tes tertulis dan wawancara, data tersebut di analisis menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian dari soal tes dan wawancara menunjukkan bahwa, 1) Siswa kategori tinggi dalam menyelesaikan soal cerita mampu memenuhi semua indikator berdasarkan teori Polya; 2) Siswa kategori sedang dalam menyelesaikan soal cerita hanya mampu memenuhi 4 indikator saja; dan 3) Siswa kategori rendah dalam menyelesaikan soal cerita hanya mampu memenuhi 2 indikator saja. Kesimpulan dari penelitian ini adalah semakin tinggi tingkat berpikir siswa maka semakin bagus kemampuan menyelesaikan soal ceritanya. Penelitian ini didapat bahwa siswa dominan masih berada pada kategori rendah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Supik Mariah
Date Deposited: 29 Oct 2024 02:29
Last Modified: 29 Oct 2024 02:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39972

Actions (login required)

View Item
View Item