Mufida Darayani, 200205017 (2024) Pengaruh Penggunaan Geogebra sebagai Visualisasi pada Materi Dimensi Tiga terhadap Kemampuan Spasial Matematis Siswa SMP/MTs. Masters thesis, UIN Ar-raniry.
![[thumbnail of Kemampuan Spasial Matematis, Visualisasi, Geogebra, Dimensi]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Mufida Darayani, 200205017, FTK, PMA, 081260745704.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (15MB)
Abstract
Permasalahan siswa dalam mempelajari materi yang berhubungan dengan dimensi tiga adalah dalam memahami ilustrasi gambar yang ada, sering terjadi kesalahan konsep seperti tidak dapat menentukan posisi gambar dan ketidakpahaman maksud gambar. Hal tersebut dapat terjadi karena rendahnya kemampuan spasial matematis siswa. Masalah tersebut dapat diatasi dengan menggunakan media pembelajaran seperti Geogebra, yang merupakan program matematika yang dapat digunakan untuk memberikan visualisasi dari ilustrasi gambar dimensi tiga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Geogebra sebagai visualisasi pada materi dimensi tiga terhadap kemampuan spasial matematis siswa SMP/MTs. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan jenis pre eksperimen dengan model one group pretest-posttest design. Populasi yang dipilih untuk diteliti adalah seluruh siswa kelas VIII di MTsS Ulumul Qur’an Banda Aceh dengan sampel yang dipilih secara acak menggunakan teknik random sampling adalah kelas VIII-B. Data yang diperoleh dari skor pretest dan posttest selanjutnya dianalisis menggunakan uji paired t-test menghasilkan t hitung = 4,457 dan t tabel = 2,14. Hal tersebut menunjukkan bahwa t hitung > t tabel sehingga sesuai dengan kriteria keputusan hipotesisnya, H0 ditolak dan H1 diterima. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penggunaan Geogebra sebagai visualisasi pada materi dimensi tiga dapat memberikan pengaruh terhadap kemampuan spasial matematis yaitu terjadi peningkatan pada kemampuan spasial matematis siswa SMP/MTs. Pengamatan yang dilakukan saat penelitian menunjukkan bahwa digunakannya Geogebra sebagai visualisasi selain dapat menarik minat dan motivasi belajar siswa, pembelajaran juga menjadi lebih terarah dan sistematis dengan adanya timbal balik langsung saat pembelajaran berlangsung.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mufida Darayani Mufida |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 03:11 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 03:11 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39982 |