Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Canva Pada Materi Gerak Melingkar Tingkat SMA/MA

Reja Riansyah, 190204030 (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Canva Pada Materi Gerak Melingkar Tingkat SMA/MA. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Canva Pada Materi Gerak Melingkar Tingkat SMA/MA] Text (Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Canva Pada Materi Gerak Melingkar Tingkat SMA/MA)
Reja Riansyah, 190204030, FTK, PFS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Gerak melingkar merupakan salah satu materi yang relatif rumit untuk dipelajari. Secara umum, siswa menganggap materi gerak melingkar adalah salah satu materi yang sulit untuk dipahami. Kesulitan tersebut terletak pada penggunaan media pembelajaran yang tidak bervariasi dalam proses belajar mengajar sehingga membuat peserta didik kesulitan dalam memahani materi gerak melingkar yang bersifat abstrak. Oleh karena itu, untuk meningkatkan efektivitas proses pembelajaran di kelas, perlu adanya media pembelajaran fisika yang sesuai dan menarik untuk memvisualisasikan materi gerak melingkar. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain media pembelajaran fisika berbasis canva pada materi gerak melingkar tingkat SMA/MA; untuk mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran fisika berbasis canva pada materi gerak melingkar tingkat SMA/MA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D (Research And Development) dengan model Alessi dan Trollip. Model Alessi dan Trollip terdiri dari 3 tahapan yaitu tahap perencanaan (planning), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (development). Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar validasi ahli materi pembelajaran tentang gerak melingkar dan lembar validasi ahli media pembelajaran berbasis canva. Hasil penelitian diperoleh dengan menghitung persentase nilai dari 2 orang ahli media dan 2 orang ahli materi. Hasil validasi ahli materi pembelajaran sebesar 90,62% kategori sangat layak dan validasi ahli media pembelajaran sebesar 87,5% kategori sangat layak, diperoleh hasil persentase keseluruhan dari kelayakan pengembangan media pembelajaran fisika berbasis canva sebesar 89,06% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil tersebut media pembelajaran fisika berbasis canva pada materi gerak melingkar tingkat SMA/MA sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Reja Riansyah
Date Deposited: 30 Oct 2024 02:20
Last Modified: 30 Oct 2024 02:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39988

Actions (login required)

View Item
View Item