Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Di SMP/MTs

Saptian Julia, 190205049 (2024) Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Di SMP/MTs. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Di SMP/MTs] Text (Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Di SMP/MTs)
Saptian Julia, 190205049, FTK, PMA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (17MB)

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan kemampuan mengorganisasi dan memperkuat pikiran matematika melalui komunikasi secara lisan maupun tulisan, mengomunikasikan gagasan secara logis tentang matematika dan jelas kepada orang lain, menganalisis dan mengevaluasi pikiran matematika dan strategi yang digunakan oleh orang lain, dan mampu menggunakan bahasa matematika secara tepat dalam menyatakan ide-ide matematika. Namun, kenyataanya kemampuan komunikasi matematis siswa masih rendah. Adapun salah satu usaha untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa adalah dengan menerapkan suatu model pembelajaran yaitu model pembelajaran discovery learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan kemampuan komunikasi matematis yang diajarkan dengan model pembelajaran discovery learning dengan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Jeumpa. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling yang sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan statistik uji-t pihak kanan, diperoleh t_hitung = 5,75 dan t_tabel= 1,68. Karena t_hitung > t_tabel maka terima H1 dan tolak H0. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran discovery learning lebih tinggi daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan model konvensional.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Saptian Julia
Date Deposited: 30 Oct 2024 02:25
Last Modified: 30 Oct 2024 02:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39991

Actions (login required)

View Item
View Item