Penerapan Metode Round Table Dengan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Di MTsN 2 Aceh Besar

Shafia Ulfa, 200202099 (2024) Penerapan Metode Round Table Dengan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Di MTsN 2 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Metode Round Table Dengan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Di MTsN 2 Aceh Besar] Text (Penerapan Metode Round Table Dengan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Di MTsN 2 Aceh Besar)
Shafia Ulfa, 200202099, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan di MTsN 2 Aceh Besar peneliti menemukan bahwa proses pembelajaran guru mata pelajaran Bahasa Arab khususnya pada keterampilan menulis hanya menggunakan metode ceramah dan tanya jawab sehingga tidak semua siswa merespon dan terlibat secara aktif selama pembelajaran dan kebanyakan siswa tidak mampu menulis Bahasa Arab dengan benar dan tepat. Bahkan ada yang masih kesulitan dalam membedakan isim dan fi’il. Berdasarkan permasalahan diatas, peneliti tertarik untuk menerapkan metode Round Table dengan media gambar berseri dalam pembelajaran kitabah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifitasan atau peningkatan kemampuan siswa dalam pembelajaran kitabah setelah di terapkan metode Round Table dengan media gambar berseri dikelas 1 MTsN 2 Aceh Besar. Pendekatan penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan eksperimen dengan model One Grup Pretest Posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas 1 MTsN 2 Aceh Besar yang berjumlah 222 siswa. Adapun sampel yang diambil merupakan kelas 1 (7) yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini menggunakan instrument tes dan non tes yang terdiri dari pre-test dan post-test. Adapun hasilnya, Peneliti menemukan bahwa Penerapan metode Round Table dengan gambar Berseri efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa. Hal ini dibuktikan berdasarkan nilai Sig dari uji T menunjukkan 0,000 lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan nilai tersebut, maka hipotesis nol (Ho) dittolak dan hipotesis a (Ha) diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Shafia Ulfa
Date Deposited: 30 Oct 2024 02:47
Last Modified: 30 Oct 2024 02:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39992

Actions (login required)

View Item
View Item