Sisca Antika Dewi, 200206029 (2024) Pelaksanaan Kegiatan Intrakurikuler Dalam Pembentukan Karakter Percaya Diri Di TK Bungong Seuleupok Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
![[thumbnail of Pelaksanaan Kegiatan Intrakurikuler Dalam Pembentukan Karakter Percaya Diri Di TK Bungong Seuleupok Banda Aceh]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Sisca Antika Dewi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB)
Abstract
Pelaksanaan kegiatan intrakurikuler sangat membantu pihak sekolah dalam memaksimalkan pembentukan karakter anak didik terkhusus pada karakter percaya diri akan tetapi karakter percaya diri anak didik di sekolah TK Bungong seuleupok Banda Aceh dapat dikatakan masih rendah tentunya mempengaruhi proses pelaksanaan kegiatan intrakurikuler di sekolah tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi guru melaksanakan kegiatan intrakurikuler dalam pembentukan karakter percaya diri anak didik di TK Bungong seuleupok Banda Aceh, untuk mengetahui metode guru melaksanakan kegiatan intrakurikuler dalam pembentukan karakter percaya diri anak didik di TK Bungong seuleupok Banda Aceh, untuk mengetahui Implikasi atau manfaat dari pelaksanaan kegiatan intrakurikuler dalam pembentukan karakter percaya diri anak didik di TK Bungong seuleupok Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitiannya meliputi Kepala sekolah, Wakil kurikulum, Guru di kelas A-1 dan di kelas B-1 di sekolah TK Bungong seuleupok Banda Aceh. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa (1) Strategi guru melaksanakan kegiatan intrakurikuler dalam pembentukan karakter percaya diri anak didik di TK Bungong seuleupok Banda Aceh menggunakan strategi pembelajaran langsung, strategi pembelajaran tidak langsung, strategi pembelajaran interaktif dan strategi pembelajaran mandiri serta pelaksanaan nya juga menggunakan pada metode pembiasaan dan penggulangan. (2) Metode guru melaksanakan kegiatan intrakurikuler dalam pembentukan karakter percaya diri anak didik di TK Bungong seuleupok Banda Aceh menggunakan metode pembelajaran diantaranya adalah metode bercerita, metode bercakap-cakap, metode tanya-jawab, metode diskusi, metode karyawisata, metode bernyanyi, metode keteladanan, metode pembiasaan dan metode penggulangan serta metode Field Trip (3) Implikasi atau manfaat dari pelaksanaan kegiatan intrakurikuler dalam pembentukan karakter percaya diri anak didik di TK Bungong seuleupok Banda Aceh yakni karakter percaya diri anak didik dapat terbentuk yakni berupa aktif, optimis dan mandiri dan anak dapat mengaplikasikan dan menerapkan pembelajaran yang sudah di berikan guru di sekolah pada kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Sisca Antika Dewi Sisca |
Date Deposited: | 04 Nov 2024 02:50 |
Last Modified: | 04 Nov 2024 02:50 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40021 |