Penanaman Nilai Karakter Tanggung Jawab Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV MIN 25 Aceh Besar

Khairun Nisa, 170209100 (2022) Penanaman Nilai Karakter Tanggung Jawab Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV MIN 25 Aceh Besar. Masters thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Nilai-nilai Karakter Tanggung Jawab, Pembelajaran Tematik] Text (Nilai-nilai Karakter Tanggung Jawab, Pembelajaran Tematik)
Khairun Nisa, 170209100, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di MIN 25 Aceh Besar, terdapat peserta didik dengan berbagai perilaku termasuk negatif, seperti masih beberapa terdapat peserta didik yang masih menggunakan kata-kata kasar, tidak melaksanakan piket ketika akan masuk kelas, lalai ketika jadwal masuk kelas, dan lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakter tanggung jawab pada pembelajaran tematik kelas IV MIN 4 Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN 25 Aceh Besar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, display data dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa nilai-nilai karakter tanggung jawab siswa diperoleh rata-rata 75.85% dengan katagori baik, maka dari itu karakter tanggung jawab sudah tertanam dalam diri siswa kelas IV MIN 25 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Khairun Nisa Nisa
Date Deposited: 11 Nov 2024 02:39
Last Modified: 11 Nov 2024 02:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40091

Actions (login required)

View Item
View Item