Pengaruh Metode IMPROVE terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP/MTs

Mauliati, 190205064 (2024) Pengaruh Metode IMPROVE terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP/MTs. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of membahas tentang kemampuan komunikasi matematis] Text (membahas tentang kemampuan komunikasi matematis)
Skipsi mauliati (190205064).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu kemampuan yang penting dalam pembelajaran matematika. Tetapi, pada kenyataaanya kemampuan komunikasi matematis siswa MTsN 5 Aceh Barat masih rendah. Hal ini dibuktikan dari hasil observasi awal. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siwa yaitu dengan metode IMPROVE (Introducing the new concepts, Metacognitive questioning, Practicing, Reviewing and reducing difficulties, Obtaining master, Verification and Enrichment). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari penerapan metode IMPROVE terhadap kemampuan komunikasi matematis. Jenis penelitian ini yang digunakan Pre Eksperimental dengan desain The One Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VII MTsN 5 Aceh Barat. Pengambilan sampel secara random sampling. Dari empat kelas terpilihlah kelas VII/Tgk Chik Ditiro sebagai sampel. Pengumpulan data menggunakan lembar tes kemampuan komunikasi matematis. Hasil pengolahan data menunjukkan skor post-test lebih tinggi dari skor pre-test sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan metode IMPROVE terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Mauliati Mauliati
Date Deposited: 13 Nov 2024 02:13
Last Modified: 13 Nov 2024 02:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40107

Actions (login required)

View Item
View Item